UNM Gelar Workshop KKN Internasional

28 Desember 2016 19:01
Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam saat memberikan materi disela-sela workshop KKN-PPL Internasional dan Workshop International Class Program, Rabu (28/12). (Foto:humas)

MAKASSAR,INIKATA.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Berbagai macam jalur KKN juga dapat dipilih oleh mahasiswa, salah satunya yaitu jalur KKN Internasional.

Selain itu KKN Internasional merupakan pintu bagi mahasiswa untuk dapat melihat perkembangan di luar negara.

Oleh karena itu, Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui BAAK menghadirkan Kepala UPT KKN Universitas Hasanuddin Dr. Hasrullah, MA membawakan materi mengenai “Dari Kampus Menuju Dunia KKN Internasional Membangun Bangsa” pada workshop KKN-PPL Internasional dan Workshop International Class Program, Rabu (28/12).

Workshop yang dipandu Kepala Humas UNM Drs. Jalaluddin Mulbar, M.Si ini juga menghadirkan pemateri dari UNM, yakni Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam dan Pembantu Rektor IV Prof. Dr. Gufrab Dharma Dirawan.

Baca juga: UNM Kukuhkan Dua Guru Besarnya

Hasrullah mengungkapkan, melalui KKN Internasional mahasiswa bisa belajar bersama sekaligus menjadi penghubung antara mahasiswa Indonesia dengan masyarakat di sana.

Ia menambahkan bahwa kunci keberhasilan KKN bergantung pada program yang berkualitas.

Sementara itu, Rektor UNM Prof Husain membahas mengenai perkembangan KKN-PPL terpadu yang selama ini berjalan belum sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Ia mengatakan Program KKN-PPL adalah mata kuliah yang memadukan antara kegiatan KKN dengan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) sehingga mendapat dua nilai dalam satu waktu.

” KKN-PPL ini adalah salah satu mata kuliah dimana mahasiswa mendapat dua nilai dalam satu waktu. Jadi, memotong waktu studi tanpa mengabaikan mutu atas capaian yang ingin diraih,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan mengenai biaya ketika mahasiswa mengambil program KKN. “Karena ini merupakan mata kuliah, jadi biaya tetap pungutan dari mahasiswa,” jelasnya.

Baca juga: UNM Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Menara Pinisi ini diikuti 168 peserta yang terdiri dari para pimpinan dan pejabat universitas yang terkait dengan tema kedua workshop.

Comments