PB HMI Tetapkan Muwaffiq Sebagai Ketua Umum HMI Cabang Makassar

30 Desember 2016 11:09
Rapat harian PB HMI kembali digelar di Kantor Sekretariat Jalan Sultan Agung 25A dengan agenda pembahasan pengesahan berkas Badko dan Cabang.( foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Setelah dua minggu vakum, rapat harian PB HMI kembali digelar di Kantor Sekretariat Jalan Sultan Agung 25A, rapat dihadiri sejumlah fungsionaris dan presidium PB HMI dengan agenda-agenda rutin diantaranya pembahasan pengesahan berkas Badko dan Cabang.

Ami Jaya, Sekretaris Jenderal PB HMI, yang turut hadir pada rapat tersebut, menyampaikan keprihatinannya di awal rapat terkait banyaknya agenda-agenda internal organisasi yang telah tertunda beberapa lama, termasuk di
antaranya pengesahan berkas Cabang dan Badko.

“Saya mendapat banyak laporan dari kawan-kawan di daerah, banyak cabang dan badko yang belum disahkan. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut akan menghambat efektivitas kerja organisasi dan kerja perkaderan. Karena itu, malam hari ini saya berharap berkas-berkas tersebut dapat dibahas dan disahkan,” ujar Ami Jaya.

Sebelumnya, cabang-cabang dan badko yang disahkan dalam rapat harian tersebut diantaranya adalah HMI Cabang Makassar Periode 2017-2018, dengan Ketua Umum Muwaffiq Nur Imamsyah dan Suharlim sebagai Sekretaris Umum.

Keduanya disahkan setelah forum yang hadir menganggap berkas pengusulannya telah memenuhi kriteria pengesahan. Pimpinan rapat yang dikonfirmasi, Anugrah Wijaya, membenarkan hal tersebut.

“Berkas Muwaffiq telah dipelajari di internal Bidang PAO, semalam telah dibahas dan disahkan dalam rapat harian. Prosesnya telah sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” tegas Anugrah.

Terpilihnya Muwaffiq sebagai Ketua Umum HMI Cababang Makassar menjadi kabar bahagia bagi keluarga besar Universitas Muslim Indonesia. Sebab 15 tahun setelah Natsar Desi menjabat ketua umum, baru kali ini Ketua Umum HMI Cabang Makassar berasal dari kampus UMI.

Di tempat lain, Irfan Wahyudi selaku Majelis Pertimbangan dan Konsultasi PB HMI mengatakan bahwa mekanisme organisme diatur untuk dijalankan dan dipatuhi.

“HMI ini organisasi besar yang mapan secara aturan. Jika rapat harian telah sesuai mekanisme yang berlaku dan melahirkan keputusan, maka keputusan itu wajib diikuti. Selamat kepada Muwaffiq,” kata Irfan.

Terkait dengan adanya potensi polemik yang kemungkinan terjadi, Irfan pun menambahkan bahwa mekanisme organisasi memberi ruang terhadap setiap gugatan yang muncul.

“Kalau ada gugatan terhadap keputusan itu, dan memang benar bertentangan dengan konstitusi maka silahkan dimasukkan. Komisi internal MPK PB siap menerima dan membahasnya. Mekanisme organisasi mengatur hal tersebut, selambat-lambatnya dua minggu setelah pengesehan,” tegas Irfan wahyudi.

Comments