SYL Lantik Mabigus Pramuka UNM

11 Januari 2017 17:02
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH resmi melantik 61 Mabigus Gudep Pramuka UNM di Ballroom Menara Pinisi. (foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH resmi melantik 61 Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gudep Pramuka UNM yang diketuai Prof. Dr. Husain Syam, M.TP pada acara Pelantikan Orientasi Mabigus dan Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Tahun 2016 bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru-Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (PPG-SM3T) Universitas Negeri Makassar, Selasa (10/1/17).

Pelantikan Mabigus yang berlangsung di Ballroom Menara Pinisi ini merupakan rangkaian kegiatan orientasi dan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar yang diselenggarakan selama 7 hari yaitu 9-15 Januari 2017 dan diikuti 244 mahasiswa PPG-SM3T yang berasal dari berbagai provinsi.

Ketua Mabigus Gudep Pramuka UNM Prof. Husain Syam mengatakan, bahwa gerakan pramuka merupakan pendidikan formal yang harus dijalankan, karena itu pelantikan dan pengukuhan hari ini merupakan semangat baru dalam berpramuka.

“Pengukuhan oleh Ketua Kwarda Pramuka Sulsel hari ini telah melahirkan gelora semangat baru. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak membimbing dan mengarahkan adik-adik yang ada di gugus depan UNM 08.095-08.096,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Prof. Husain juga menyampaikan selamat kepada peserta kursus mahir tingkat dasar PPG-SM3T.

Sementara itu, Syahrul Yasin Limpo ketika membuka kursus kegiatan pramuka mengungkapkan bahwa pramuka merupakan gerakan strategis yang mampu memberikan sumbangsih positif kepada negara yang saat ini membutuhkan perhatian dari anak bangsa.

“Untuk itu, dengan keadaan negara kita saat ini saya berharap kepada adik-adik anggota pramuka ikut mengambil peran dalam menjaga alam kita yang luasnya luar biasa ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan pramuka merupakan bagian dari bangsa yang mampu mengajarkan kita solidaritas, etika, hormat, disiplin, kebersamaan hingga menjaga alam.

“Bukan hanya kebersamaan dan disiplin saja, pramuka juga mengajarkan kita bagaimana mengubah mental dan membentuk karakter yang tangguh”, tutupnya. (**)

Comments