Mahasiswa Unibos Belajar Nasionalisme

31 Januari 2017 9:27
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIPOL) Unibos menggelar LDK. (Foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Masih dalam rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIPOL). Tepat di hari ke-3 LKD menghadirkan Kol. Kav. Susanto di Auditorium Aksa Mahmud.

Kegiatan yang diusung dengan topik berbeda pada setiap pemateri kini mengangkat tema “Karakter Nasionalisme” yang dibawakan Staf Ahli Bidang Manajemen Hanneg Kodam VII Wirabuana.

Dengan maksud mengajak mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) yang turut ikut dalam LDK ini, Kol. Kav. Susanto memberikan beberapa hal yang perlu ditekankan dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme khususnya di kalangan mahasiswa.

Termasuk tidak melakukan hal yang dapat memecah belah kesatuan NKRI dalam lingkup hidup bermasyarakat, sosial, dan politik. Seperti cinta tanah air, sadar dalam hidup berbangsa, tetap menanamkan Pancasila sebagai ideologi negara dan memiliki kemampuan awal bela negara.

Menurutnya, kesadaran nasionalisme juga bela negara memang sebaiknya harus terus ditanamkan sejak dini. Memulai dari toleransi, menghargai perbedaan, dan tetap menjaga kebersamaan. Guna kedepannya dapat membantu dalam mempertahankan keutuhan NKRI yang juga ditentukan dari tindak dan pola pikir masyarakat.

“Menumbuhkan jiwa nasionalisme itu penting, karena ini yang akan membantu kita dalam menghadapi ancaman negara di kemudian hari. Bukan hanya memahami nilai pancasila dan UUD, mulai dari hal kecilpun bisa membantu memunculkan nasionalisme dalam diri. Seperti cerdas dalam memilah hal yang memang nyata adanya dan hal yang dimunculkan hanya sebagai settingan provokasi”, tegasnya.

Mengingat kemunculan teknologi informasi saat ini juga memegang peran penting dalam hidup bermasyarakat, juga menarik perhatian pemateri untuk membahas peran IT yang sebaiknya diperhatikan oleh mahasiswa.

Kol. Kav. Susanto menambahkan jika mahasiswa harus cerdas untuk memfilter informasi yang didapatkan, termasuk meninggalkan informasi yang tidak memberi manfaat.  (**)

Comments