Ini Penjelasan Inspektorat Makassar Antisipasi Pungli PPDB Online

20 Maret 2017 9:00
Ilustrasi.

MAKASSAR, INIKATA.com – Untuk mengantisipasi terjadinya praktik pungutan liar (pungli) di lingkup satuan pendidikan (sekolah), Kepala Inspektorat Makassar, Zainal Ibrahim menilai jika sistem pengendalian internal perlu ditingkatkan, yakni dengan memperbaiki sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di tahun ini.

Menyusul terungkapnya sejumlah kasus pungli yang melibatkan beberapa kepala sekolah (kasek) di satuan pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada saat proses penerimaan siswa baru berlangsung melalui jalur offline tahun ajaran 2016-2017.

“Kedepan sudah seharusnya sistem SOP dan pengendalian internal baik dinas, UPTD, dan satuan pendidikan di sekolah, diperbaiki,” ucapnya, Senin (20/3/2017).

Olehnya itu, sedini mungkin Dinas Pendidikan (Disdik) diharap mampu meningkatkan kewenangan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pengawasan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di seluruh wilayah kecamatan.

Terlebih pada pengoptimalisasian fungsi pengawasan PPDB online di seluruh satuan pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dimana belakangan ini kewenangan UPTD dibawah kendali dinas pendidikan, lanjut Zainal, sangat terbatas. Kewenangan pejabat fungsional hanya menangani pengawasan di sekolah dasar (SD).

“Kita mau tingkatkan sampai SMP, hingga TK. Dengan memberdayakan UPTD sekiranya mereka akan terbantu. Minggu depan saya akan mengkaji ulang tugas pokok dan fungsi UPTD karena selama ini sangat terbatas,” jelas Zainal. (**)

Comments